Pendidikan

Sekjen Baru Kementerian Kominfo

Sekjen Baru Kementerian Kominfo

Sekjen Baru Kementerian Kominfo

Program TokTok Kominfo edisi 14 pada hari ini, Selasa

(12/2/2019) secara khusus berbincang perdana bersama Rosarita Niken Widiastuti di ruangan barunya. Diskusi tersebut terkait program-program strategis dan ruang lingkup kerja Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Kominfo. 

“Kesekjenan itu semacam jantungnya kementerian, karena rencana strategis Kementerian Kominfo lima tahun kedepan direncanakan di Biro Perencanaan, jadi Biro Perencanaan tidak hanya merencanakan kesekjenan tetapi merencanakan semua program kegiatan, kebijakan atau penyelenggaraan dari Kementerian Kominfo,” kata Niken.

Niken mengatakan, di Sekretariat Jenderal secata garis besarnya membuat roadmap tentang komunikasi dan Informatika, termasuk didalamnya semua unsur-unsur dari Eselon 1 yang kemudian digodok oleh Biro Perencanaan. Selain untuk menyiapkan SDM yang berkualitas, juga membuat reformasi birokrasi yang baik. 

“Mengenai roadmap SDM serta reformasi birokrasi juga merupakan garis besar kerja dari Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo. Nah, garis kerjanya melalui Biro Kepegawaian dan Organisasi, di Sekretariat Jenderal juga mengakselerasi kapasitas kemampuan SDM agar bisa beradaptasi dengan perkembangan jaman,” ujar Niken.

Niken menambahkan, penguatan sumber daya manusia di bidang teknologi digital menjadi fokus Kementerian Kominfo. Sebab, prestasi dan kualitas anak bangsa kedepannya harus difasilitasi sesuai dengan perkembangan jaman, dimana teknologi informasi berkembang begitu cepat setiap waktunya. 

Sekarang ini kan perkembangan teknologi informasi

apalagi di era industri 4.0, jadi Kominfo juga menjadi pendorong untuk seluruh ekosistem baik industri maupun digital 4.0, bapak Menteri sangat visioner melihat tantangan SDM kedepan dengan adanya perkembangan teknologi dan industri saat ini,” kata Niken.

Wujud dan komitmen Kementerian Kominfo dalam menyiapkan sumber daya manusia di bidang teknologi ini dapat dibuktikan dengan adanya program Digital Talent Scholarship. Program ini akan memberikan kesempatan kepada 20 ribu anak bangsa untuk mendapatkan beasiswa Digital Talent Scholarship pada tahun ini.

Selain di dalam negeri

Kementerian Kominfo juga melakukan kerjasama internasional melalui Pusat Kerjasama Internasional (PUSKI). Niken mengatakan, Kementerian Kominfo juga banyak bekerjasama dengan lembaga-lembaga internasional di bidang telekomunikasi maupun broadcasting.

“Kita di Sekretariat Jenderal juga menangani masalah-masalah terkait dukungan umum yang ada di lingkungan Kementerian Kominfo, misalnya yang berkaitan dengan penyusunan peraturan dan juga beberapa kerja strategis lainnya,” kata alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM ini.

 

Sumber : https://symbiantweet.com/