Pendidikan

Produk Perangkat Lunak

Table of Contents

Produk Perangkat Lunak

 

Produk Perangkat Lunak

• Produk Perangkat Lunak menurut Ian Sommerville [SOM00] didefinisikan sebagai berikut: Produk perangkat lunak adalah sistem perangkat lunak beserta dokumentasinya yang menjelaskan prosedur penyiapan dan penggunaan perangkat lunak tersebut

Pada definisi lain yang dikutip oleh Pressman [PRE01] dalam bukunya Software Engineering A Practioner’s Approach, perangkat lunak didefinisikan lebih rinci lagi yaitu sebagai:
a. instruksi-instruksi yang jika dieksekusi akan memberikan layanan-layanan atau fungsi seperti yang diinginkan
b. struktur data yang memungkinkan program untuk memanipulasi informasi secara proporsional
c. dokumen-dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program

Contoh produk Perangkat Lunak:
· Software-software antivirus, seperti AVG, Norton, Bit Defebder,dll
· Sistem Operasi seperti Windows, Linux, dll
· Visual studio
· Microsoft office
· Dll

Klasifikasi perangkat lunak
1. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
· Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
· Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, 98, 2000, Xp, Vista , IMB OS/2, Apple’s System 7
· Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
2. perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang:
· Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game).
· Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
· Aplikasi multimedia. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD.
· Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
· Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
.
Karakteristik Perangkat Lunak:

Beberapa karakteristik perangkat lunak yang membedakan dengan perangkat keras :

1. Software is developed or engineered, it is not manufactured in the classical sense.
Perangkat lunak adalah suatu produk yang lebih menekankan pada kegiatan rekayasa (engineering) dibandingkan kegiatan manufacturing (rancang bangun di pabrik). rumit. Dalam pembuatan perangkat lunak kualitas yang tinggi dicapai melalui perancangan yang baik, tetapi dalam fase perangkat keras, selalu saja ditemukan masalah kualitas yang tidak mudah untuk disesuaikan dengan perangkat lunak. Biaya untuk perangkat lunak dikonsentrasikan pada pengembangan. Hal ini berarti proyek perangkat lunak tidak dapat diatur seperti pengaturan pada proyek pemanufacturan.

2. Software doesn’t “wear out”
Perangkat lunak tidak rentan terhadap pengaruh lingkungan yang merusak yang mengakibatkan perangkat keras menjadi usang. Secara teoritis, kurva tingkat kegagalan perangkat perangkat lunak akan sesuai dengan apa yang ditunjukkan pada gambar 1. kesalahan-kesalahan yang tidak dapat ditemukan menyebabkan tingkat kegagalan menjadi sangant tinggi pada awal hidup program. Tetapi hal itu dapat diperbaiki (diharapka tidak ditemukan ladi kesalahan lain) sehingga kurva menjadi mendatar.

Sumber : https://sam-worthington.net/