Hewan

Penyebab Bulu Kucing Persia Rontok

Penyebab Bulu Kucing Persia Rontok

Penyebab Bulu Kucing Persia Rontok

Rontoknya bulu kucing persia yang disebabkan penyakit, diantaranya adalah:

1. Iritasi

Kulit kucing persia yang terkena iritasi juga akan mengakibatkan kerontokan bulu. Iritasi kulit ini biasanya disebabkan karena pengaruh dari obat, makanan, tersentuh bahan kimia, dan parfum.

2. Alergi gigitan kutu

Alergi yang ditimbulkan oleh gigitan kutu akan berpengaruh dengan lepasnya bulu cantik kucing persia. Kucing persia yang terkena alergi kutu bisa dilihat dari kulit yang memerah, adanya benjolan-benjolan di permukaan kulit, gatal, dan tentunya terjadi kerontokan bulu.

3. Alergi Makanan

Selain alergi gigitan kutu, kerontokan bulu juga bisa disebabkan karena terjadinya alergi makanan.  Pemilihan jenis makanan yang tidak cocok bagi kucing persia dapat membuat kucing persia terserang alergi. Gejala yang dapat dilihat pada kucing persia yang terkena alergi makanan adalah seringnya menjilati bagian tubuh yang terkena alergi, warna kulit berubah kemerah-merahan, terjadi radang telinga, gatal, serta rontok bulu.

4. Ringworm

Rontok bulu kucing persia yang disebabkan adanya jamur hidup dibagian kulit dan bulu yang juga disebut dengan istilah ringworm. Ada beberapa jenis jamur ini, salah satunya adalaha Microsporum. Jamur microsporum terkenal sulit untuk ditangani jika sudah menyerang hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing. Dan parahnya lagi, jamur ini juga dapat menyerang kulit manusia.

Itulah beberapa penyebab rontoknya bulu kucing persia akibat hal yang tidak normal dan juga kerontokan yang disebabkan penyakit.


Sumber:

https://rumahkucing.co.id/