Pendidikan

Pengertian Ilmu Pemerintahan Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Pemerintahan Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Pemerintahan Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Pemerintahan menurut H. A. Brasz

adalah ilmu yang mempelajari tentang cara bagaimana lembaga pemerintahan umum itu disusun dan difungsikan baik secara ke dalam maupun ke luar terhadap warganya.

Menurut D. G. A. Van Poelje

Pengertian Ilmu Pemerintahan ialah mengajarkan bagaimana dinas umum disusun dan dipimpin dengan sebaik-baiknya.

U. Rosenthal

mengemukakan bahwa Pengertian Ilmu Pemerintahan merupakan ilmu yang menggeluti studi tentang penunjukkan cara kerja ke dalam dan ke luar struktur dan proses pemerintahan umum.
Taliziduhu Ndraha mengatakan Pengertian Ilmu Pemerintahan yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana memenuhi dan melindungi kebutuhan dan tuntutan tiap orang akan jasa publik dan layanan sipil dalam hubungan pemerintahan (sehingga dapat diterima) pada saat dibutuhkan oleh yang bersangkutan.
Pengertian Ilmu Pemerintahan menurut Musanaf adalah suatu ilmu yang dapat menguasai dan memimpin serta menyelidiki unsur-unsur dinas, berhubungan dengan keserasian ke dalam dan hubungan antara dinas-dinas itu dengan masyarakat yang kepentingannya diwakili oleh dinas itu.
Menurut Mac IverPengertian Ilmu Pemerintahan ialah sebuah ilmu tentang bagaimana manusia-manusia dapat diperintah.
Dari pengertian ilmu pemerintah di atas, maka dapat disimpuLkan bahwa Pengertian Ilmu Pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana melaksanakan koordinasi dan kemampuan memimpin bidang legislasi, yudikasi dan juga eksekusi dalam hubungan pusat dengan daerah antar-lembaga serta antara yang memerintah dengan gejala pemerintahan. Dalam hal ini pemerintah melakukan kebijakan dalam pelayanan kepada masyarakat dan mengantisipasi dekadensi moral dengan kekuasaan negara yang dimilikinya.
Baca Artikel Lainnya: