MAKALAH BIMBINGAN SOSIAL

MAKALAH BIMBINGAN SOSIAL

Table of Contents

MAKALAH BIMBINGAN SOSIAL

MAKALAH BIMBINGAN SOSIAL
MAKALAH BIMBINGAN SOSIAL

Konseling merupakan adaptasi dari aliran psikologi yang memfokuskanperhatiannya pada tingkah laku yang tampak. Pada hakikatnya konseling merupakan sebuah upaya pemberian bantuan dari seorang konselor kepada klien, bantuan di sini dalam pengertian sebagai upaya membantu orang lain agar ia mampu tumbuh ke arah yang dipilihnya sendiri. Dalam pandangan kaum behaviorist (termasuk konselor behavioral) manusia dianggap sebagai sesuatu yang dapat dirubah dan dibentuk, manusia bersifat mekanistik dan fasif.Banyak pendekatan dalam konseling behavioral, dari keseluruhan pendekatan yang ada semua menjurus pada pendekatan direktif dimana konselor lebih berperan aktifdalam penangan masalahnya.

Pada awal sejarah, bimbingan dimulai permulaan abad ke-20 di Amerikadengan didirikannya suatu “Vocational Burea” tahun 1980 oleh Frank parsons, yang lalu lebih terkenal dengan sebutan “The Father of Guidance”. Yang menekankan pentingnya setiap individu diberikan pertolongan agar mereka dapat mengenal atau memahami berbagai kekuatan dan kelemahan yang ada padadirinya dengan tujuan agar dapat dipergunakan secara inteligensi dalam memilihpekerjaan yang tepat bagi dirinya. Adapun awal kegiatan “bimbingan” di Negara Indonesia pada hakikatnya telah berakar dalam seluruh kehidupan dan perjuangan bangsa Indonesia.Dan sebenarnya di Indonesia yang memulai kegiatan bimbingan secara resmi adalah Pemerintah yang mengeluarkan SK agar di lingkungan sekolah ataupun Lembaga-lembaga Pemerintah diberikan Bimbingan Konseling, dalam upaya membantu peserta didik ataupun parapegawai mencapai dan memanfaatkan kualitas dalam dirinya dengan sebaik-baiknya. Setelah dirasakan manfaatnya, bimbingan inipun dapat berkembang di lingkungan masyarakat. Baik yang mengelolanya individu maupun suatu instansiswasta.

Dalam kehidupan semua orang pasti mempunyai permasalahan tidakterkecuali anak usia sekolah. Bimbingan dan Konseling pribadi-sosialmerupakan salah satu bidang bimbingan yang ada di sekolah. Yang bertujuanuntuk membantu siswa dalam mencari penyelesaian dari permasalahannya sertamengarahkannya kepenyelesaian yang lebih baik
Konseling merupakan adaptasi dari aliran psikologi yang memfokuskanperhatiannya pada tingkah laku yang tampak. Pada hakikatnya konselingmerupakan sebuah upaya pemberian bantuan dari seorang konselor kepada klien, bantuan di sini dalam pengertian sebagai upaya membantu orang lain agar iamampu tumbuh kearah yang dipilihnya sendiri. Dalam pandangan kaum behaviorist (termasuk konselor behavioral) manusia dianggap sebagai sesuatu yang dapat dirubah dan dibentuk, manusia bersifat mekanistik dan fasif. Banyakpendekatan dalam konseling behavioral, dari keseluruhan pendekatan yang ada semua menjurus pada pendekatan direktif dimana konselor lebih berperan aktifdalam penanganan masalahnya.

Sumber : https://forbeslux.co.id/