Pendidikan

Keputusan Make-Buy

Table of Contents

Keputusan Make-Buy

 

Keputusan Make-Buy

Dalam banyak area aplikasi perangkat lunak, biaya sering lebih efektif untuk mendapatkan daripada mengembangkan perangkat lunak komputer. Manajer rekayasa perangkat lunak dihadapkan pada keputusan make-buy yang dapat dikomplikasikan lebih jauh lagi oleh sejumlah pilihan akuisisi, yaitu :
1.    perangkat lunak dapat dibeli (atau lisensi) off-the-self
2.    komponen perangkat lunak full-experience dan partial-experience dapat diperoleh dan kemudian dimodifikasi dan diintregasi untuk memenuhi kebutuhan tertentu
3.    perangkat lunak dapat dibuat custom-built oleh kontraktor luar untuk memenuhi spesifikasi pembeli.

Untuk produk perangkat lunak yang lebih mahal, langkah-langkah petunjuk berikut ini dapat dilakukan :
1.    kembangkan spesifikasi untuk fungsi dan kinerja perangkat lunak yang diperlukan.tentukan karakteristik yang dapat diukur kapan saja dibutuhkan
2.    perkirakan biaya internal untuk mengembangkan dan tanggal penyampaian.
3.    a.  Pilih 3 atau 4 calon aplikasi yang paling cocok dengan aplikasi anda
b. Pilih komponen yang reusable yang dapat membantu konstruksi aplikasi yang diperlukan
4.    kembangkan sebuah matriks perbandingan head-to-headdari fungsi kunci. Lakukan pengujian benchmark (patok duga) untuk membandingkan calon perangkat lunak
5.    evaluasi masing-masing paket perangkat lunak atau komponen berdasarkan kualitas produkk sebelumnya, dukungan penjual, arah proyek, reputasi dan sebagainya
6.    hubungi pemakai perangkat lunak lain dan mintalah pendapat mereka

Dalam analisi akhir , keptusan make-buy dibuat berdasarkan kondisi berikut :
Apakah penyampaian produk perangkat lunak akan lebih cepat daripada perangkat lunak yang dikembangkan secara internal?
Apakah biaya akuisisi ditambah biaya pemesanan akan lebih kecil daripada pengembangan perangkat lunak secara internal?
Apakah biaya dukungan luar (seperti kontrak pemeliharaan) akan lebih rendah daripada biaya dukungan internal?

Ø    Piranti Estimasi Otomatis

Piranti perangkat lunak otomatis ini memungkinkan para perencana memperkirakan biaya dan usaha serta melakukan analisis ”what if” pada variabel proyek yang penting seperti tanggal penyampaian atau staffing. Meskipun ada banyak piranti otomatis, tetapi semuamemperlihatkan karakteristik umum dan semua memerlukan satu atau lebih kategori data berikut ini :
1.    kuantitatif ukuran perangkat lunak (seperti LOC) atau fungsionalitas (data function point)
2.    karakteristik proyek kualitatif seperti kompleksitas, reliabilitas yang dibutuhkan atau tingkat kekritisan bisnis
3.    banyak gambaran staf pengembangan dan atau lingkungan pengembangan

Baca Juga  :