12-1 ARW International

Table of Contents

12-1 ARW International

12-1 ARW International
ARW Internasional merupakan perusahaan yang memasarkan hardware dan software computer juga menyediakan layanan Internet untuk pelanggan di seluruh dunia. Saat ini ARW Internasional beroperasi di sembilan negara dan berencana untuk memperluas ke negara-negara lain dalam waktu dekat. Setiap negara memiliki 2-35 outlet penjualan yang dipimpin oleh seorang manajer. Layanan internet, penjualan perangkat lunak, dan perangkat keras dipisahkan antara penggunaan rumah dan penggunaan keperluan bisnis. Selain itu, ada tiga jenis untuk layanan internet, 500 item untuk perangkat lunak, dan lebih dari 1000 item untuk perangkat keras.
Diminta
  1. Buatlah desain format laporan yang akan berguna untuk manajemen perusahaan dalam menganalisis penjualan.
  2. Buatlah desain kode kelompok yang akan memungkinkan analisis penjualan rinci yang akan dilakukan.
  3. ARW sedang mempertimbangkan mendirikan sebuah situs web di mana pelanggan dapat memesan kapan saja dan dari mana saja. Jelaskan manfaat potensial untuk ARW.
  4. Apa langkah-langkah spesifik yang akan anda rekomendasikan untuk ARW sehubungan dengan pesanan on-line dari pelanggan yang dibayar dengan kartu kredit ?
  5. Diskusikan masalah lain tentang keamanan yang harus diatasi jika ARW memutuskan untuk menerapkan sistem berbasis web.

 

Solusi:
Soal 1
Berikut merupakan format laporan analisis penjualan yang bisa digunakan oleh manajemen ARW:
Analisis Penjualan diatas mencerminkan kinerja keuangan relatif manajer outlet, daerah penjualan, lini produk, pelanggan, dan pasar. Analisis penjualan bagi perusahaan sangat penting karena informasi ini dapat digunakan untuk penentuan target penjualan periode berikutnya, mengetahui manajer outlet mana yang memiliki kinerja bagus, penentuan jumlah komisi bagi salesman ataupun manajer outlet dan lain-lain. Dari analisis tersebut perusahaan bisa mengetahui manajer outlet mana yang menyumbang penjualan terbesar dan penjualan terkecil. Format laporan diatas menunjukkan analisis penjualan yang membandingkan penjualan yang sebenarnya untuk tiga segmen di atas terhadap target yang ditetapkan. Juga untuk membandingkan kinerja manajer outlet. Hal ini memungkinkan kepala manajer pemasaran ARW Internasional Company untuk menentukan manajer outlet, lini produk, dan wilayah penjualan yang paling efektif dalam memenuhi target mereka. Analisis ini mampu menyediakan informasi bagi manajer untuk kontrol yang lebih baik, dengan membuat keputusan lebih lanjut mengenai penjualan.

Soal 2
Kode penjualan memudahkan proses analisis penjualan secara rinci karena dengan kode, penjualan akan lebih mudah diidentifikasi. Dalam komputer untuk memproses penjualan ada istilah kode alfabetik (menggunakan huruf), numerik (menggunakan angka), dan alfanumerik (menggunakan kombinasi huruf dan angka). Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain kode kelompok yang akan memungkinkan untuk digunakan analisis penjualan rinci adalah:
  • Kode yang disusun perlu disesuaikan dengan metode penjualan.
  • Setiap kode harus mewakili hanya satu item produk sehingga tidak membingungkan
  • Kode yang disusun harus memudahkan pemakai untuk mengingatnya
  • Kode yang disusun harus fleksibel, dalam arti memungkinkan dilakukan perluasan tanpa perubahan menyeluruh.
  • Setiap kode yang disusun harus fleksibel, dalam arti memungkinkan dilakukan perluasan tanpa perubahan menyeluruh.
  • Setiap kode harus menggunakan jumlah angka atau huruf yang sama
  • Kode yang panjang perlu dipotong-potong (chunking) untuk memudahkan mengingat, Misalnya: kode 60662582549 dapat dibuat 606-258-259.
  • Dalam kode yang panjang perlu diberi kode yang merupakan check digit, yaitu untuk mengecek kebenaran kode.

 

Desain kode kelompok yang cocok bagi ARW yang memungkinkan dilakukannya analisis penjualan rinci adalah 01-02-1-1-0001. Dimana pada dua digit pertama menunjukkan kode negara, dua digit berikutnya kode untuk outlet penjual, satu digit berikutnya kode untuk penggunaan rumah tangga atau bisnis, satu digit berikutnya kode untuk jenis produk, dan empat digit terakhir menunjukkan item-item dari produk layanan internet, software, maupun hardware.
Soal 3
Perusahaan yang menggunakan sistem berbasis web untuk perdagangan akan mendapatkan beberapa manfaat yang menguntungkan. Hal itu mengakibatkan pelanggan dapat dengan mudah memesan produk ARW kapan saja dan dari mana saja ia berada. Manfaat potensial lainnya adalah web menyediakan akses ke basis pelanggan yang lebih besar, perusahaan dapat mengharapkan peningkatan penjualan produknya. Selain itu, transaksi diproses lebih cepat dan memerlukan lebih sedikit dokumen. Aspek self-service dari sistem berbasis web juga meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Misalnya, pelanggan dapat dengan cepat memeriksa ketersediaan dan harga barang yang dibutuhkan. Demikian pula, mereka tidak perlu lagi telepon perusahaan untuk rincian transaksi tertentu karena mereka memiliki akses langsung ke akun mereka melalui Web. Dengan demikian perusahaan menghemat sumber daya yang seharusnya dapat dihabiskan untuk karyawan yang ditujukan untuk menangani permintaan pelanggan. Selain itu, berikut beberapa manfaat potensial yang mungkin didapat ARW dalam mengembangkan bisnisnya melalui website.
1. Memperkenalkan Profil Perusahaan ARW
Semakin dikenal profil maka akan makin terkenal profil tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif bagi ARW.
2. Branding
Membangun branding juga sangat penting bagi ARW. Peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website. Untuk itu branding lewat website sangat penting .
3. Kemudahan Memberi Informasi
Dengan memiliki sebuah website, ARW akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan meski jaraknya sangat jauh. Selain itu, umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.
4. Kemudahan Melakukan Polling
Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui keadaan dan keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat website, ARW bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan. Dengan kemudahan ini, tentu polling juga bisa dilakukan lewat website.
5. Mencari Partner Baru
Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkkan partner untuk saling bekerja sama. Dengan mempublikasikan perusahaan lewat website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi ARW.